Bisnis

Simpangan Baku Data Kelompok Sebagai Cara Lebih Akurat Untuk Menghitung Data Populasi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa simpangan baku merupakan salah satu teknik penghitungan dalam bidang statistika yang digunakan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana sebaran data dalam sebuah kelompok data, serta kedekatan titik persebaran data dengan nilai rata-rata dari kelompok data tersebut.

rumus.co.id

Tentunya rumus simpangan baku diciptakan bukan tanpa sebab. Atau kita repot-repot diajari menghitung sewaktu SMA hanya untuk mendapatkan nilai 100. Lebih dari itu, simpangan baku digunakan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia statistika untuk mengetahui apakah sampel data yang diambil dapat mewakili data dari seluruh populasi.

Mengenal simpangan baku berkelompok

rumus.co.id menjelaskan bahwa sebenarnya dalam simpangan baku berkelompok tidak berbeda jauh dengan simpangan baku tunggal. Namun tentunya ada perbedaan mendasar antara simpangan baku berkelompok dengan simpangan baku tunggal.

Perbedaan yang pertama adalah nilai yang disebutkan dalam simpangan baku berkelompok dan tunggal. Apabila simpangan baku tunggal menyebutkan datanya secara individu seperti contohnya pada kasus tinggi badan, akan disebutkan nilai dari tiap individu sperti 150 cm, 175 cm dan sebagainya. Sedangkan pada simpangan baku berkelompok akan disebutkan tinggi badan 151 cm – 160 cm. Atau 161 cm – 170 cm.

perbedaan kedua adalah pada simpangan baku tunggal tidak digunakan frekuensi data. Karena data yang disajikan merupakan data tunggal sehingga kita bisa menghitung jumlah datanya secara langsung. Apabila simpangan baku berkelompok akan menunjukkan frekuensi atau jumlah data. Contohnya tinggi badan 151 cm – 160 cm memiliki frekuensi 10. Berarti ada 10 orang yang memiliki tinggi badan anatar 151 cm samapi 160 cm.

Simpangan Baku berkelompok Solusi Menghitung Secara Detail Populasi

Karena simpangan baku berkelompok menggunakan interval dan frekuensi data. Maka dapat digunakan untuk menghitung suatu data yang banyak dari sebuah kelompok yang besar dengan cara yang lebih kredibel namun cepat.

Berbeda dengan cara menggunakan simpangan baku tunggal namun dengan pengambilan sampel data. Menghitung simpangan baku berkelompok memiliki kelebihan karena tidak akan terjadi penyimpangan nilai karena sampel yang diambil bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *