Bisnis

Pola Pengembangan Teks Ekplanasi

Dalam bahasa Indonesia terdapat banyak macam-macam teks yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu hal seperti narasi, argumentasi, eksposisi, dan yang banyak kita jumpai sehari-hari adalah contoh teks eksplanasi. Tentu setiap orang pasti pernah membaca atau mendengarkan berita bukan? Ya itulah merupakan salah satu contoh dari teks eksplanasi yang sering kita jumpai sehari-hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang banyak kita gunakan sehari-hari.

rumusrumus.com

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menerangkan tentang bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi, entah itu berkaitan dengan fenomena alam, sosial budaya maupun ilmu pengetahuan. Contoh teks eksplanasi berisi tentang mengapa dan bagaimana suatu proses dari sebuah peristiwa bisa terjadi sehingga timbullah pernyataan sebab akibat yang bertujuan agar pembaca bisa mengerti dan mencerna apa yang dibahas dalam teks tersebut.

Oleh sebab itu teks ini banyak dipakai dalam menyajikan sebuah berita. Dalam hal menyajikan sebuah informasi menggunakan teks eksplanasi tentu menggunakan pola pengembangan karena mencakup keduanya agar informasi bisa sistematis. Berikut pola pengembangan dari teks eksplanasi:

  • Pola pengembangan sebab akibat

Yang pertama yaitu pola pengembangan menggunakan sebab akibat. Dalam hal ini sebab bertindak sebagai gagasan umum dan akibat bertindak sebagai perincian pembangan gagasan umum. Meskipun begitu pola ini bisa digunakan secara terbalik sehingga akibat bertindak menjadi gagasan umum sedangkan sebab menjadi perinciannya dengan mengemukakannya beberapa kalimat. Persoalan dari sebab akibat ini sebenarnya berkaitan erat hubungannya dengan proses. Jika hubungan antar bagian-bagiannya disusun maka hal tersebutlah yang kemudian disebut dengan proses kausalitas.

  • Pola pengembangan proses

Proses merupakan suatu tahapan-tahapan dari sebuah perbuatan atau tindakan agar terbentuk atau terciptakan sebuah urutan dari suatu peristiwa. Adapun untuk menyusun sebuah proses secara benar langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, yang pertama yakni mengetahui dan mengerti segala perincian-perincian secara keseluruhan, yang kedua yakni proses tersebut kemudian dibagi menjadi tahapan-tahapan kejadian, dan yang ketiga adalah setiap tahapan-tahapan tersebut dijelaskan secara detail dan juga tegas.

Adapun tujuan dari pola pengembangan contoh teks eksplanasi ini adalah agar pembaca mengerti kemana arah dari teks tersebut sehingga pembaca bisa melihat dan memahami keseluruhan proses tersebut dengan jelas. Untuk mengerti tentang contoh yang lebih banyak bisa cek ke rumusrumus.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *