Bisnis

Langkah-Langkah Dalam Menulis Karangan Deskripsi

Bagi anda yang ingin belajar menulis karangan deskripsi, sebetulnya tidaklah sulit namun juga tidak mudah. Tetapi dengan memahami metode penulisan karangan deskripsi yang tepat maka anda bisa menulis karangan tersebut dengan hasil yang memuaskan. Seperti yang telah diketahui bahwa karangan deskripsi merupakan karangan yang berisi pemaparan yang terperinci. Bagi pemula yang ingin belajar menulis karangan deskripsi sebaiknya perlu belajar mengenai langkah-langkah menulis karangan deskripsi.

www.dosenpendidikan.co.id

Berkaitan dengan hal tersebut maka situs https://www.dosenpendidikan.co.id/ akan memberikan ulasan mengenai langkah-langkah dalam menulis karangan deskripsi yang bisa menambah wawasan anda.

  1. Tentukan Tema atau Topik Karangan
    Langkah pertama ketika akan menulis karangan deskripsi yaitu dengan menentukan terlebih dahulu tema atau topik karangan tersebut. Dimana tema merupakan pokok pikiran sedangkan topik merupakan pokok pembicaraan. Jika dilihat dari sudut sebuah karangan yang sudah selesai dibuat, tema merupakan sebuah amanat utama yang disampaikan oleh penulis melalui karangan tersebut. Ketika akan menentukan topik maka anda harus benar-benar menguasau permasalahan yang akan ditulis dalam karangan sehingga akan terpilih topik yang menarik perhatian.
  2. Tetapkan Tujuan
    Menetapkan tujuan dalam menulis karangan adalah poin penting karena dapat berpengaruh pada bentuk, sifat, panjang dan penyajian tulisan. Dalam sebuah karangan harus memiliki tujuan yang jelas sehingga penulis akan semakin mudah mengembangkan tulisan serta memberikan arah bagi penulis.
  3. Pengumpulan Informasi atau Bahan
    Dalam mencapi tujuan yang sudah ditetapkan maka penulis harus mencari informasi atau bahan yang berupa keterangan yang berkaitan dengan topik. Dimana pengumpulan bahan bisa dilakukan melalui observasi ataupun pengamatan pada sebuah proses atau keinginan sesuatu yang dibutuhkan.
  4. Membuat Kerangka Tulisan
    Ketika menulis karangan deskripsi maka kerangka tulisan merupakan garis besar cerita yang akan dituangkan pada sebuah tulisan. Dari kerangka inilah penulis memiliki acuan atau pedoman mengenai hal-hal yang akan ditulis sehingga karangan menjadi terarah.
  5. Mengembangkan Kerangka Karangan
    Tahap terakhir dalam pembuatan karangan deskripsi yaitu dengan mengembangkan kerangka karangan menjadi sebuah tulisan. Dalam pengembangan kerangka karangan ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain isi gagasan yang dikemukakan, urutan peristiwa, tata bahasa, pemilihan struktur serta kosakata maupun ejaan yang tepat.

Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menulis karangan deskripsi yang bisa anda terapkan ketika membuat karangan. Jika anda ingin belajar lengkap seputar pembahasan di atas maka silakan saja kunjungi situs berikut ini https://www.dosenpendidikan.co.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *