Pengetahuan

Hukum Menjenguk Orang yang Sedang Sakit

Agama Islam merupakan agama yang sempurna dan senantiasa memperhatikan berbagai hal yang dapat mendatangkan kebaikan untuk manusia. Dari banyak hal yang diatur dalam Islam salah satunya adalah menjenguk orang yang sedang sakit. Menjenguk orang yang sakit bukanlah perkara yang dianggap remeh. Justru perkara ini begitu penting dan dibakukan dalam Islam. Dimana menjenguk orang sakit termasuk hak muslim terhadap muslim lainnya.

syafakillah

Bagi orang yang sakit maka akan muncul sebuah kebahagiaan tersendiri ketika ia dijenguk oleh orang-orang yang ia sayangi dan didoakan dengan mengucap syafakillah bila yang sakit perempuan. Selain itu dengan menjenguk orang yang sakit maka bisa semakin mempererat tali persaudaraan diantara mereka. Sebagai salah satu perkara yang begitu penting bagi agama Islam maka tak heran jika dalam Islam menjenguk orang sakit terdapat hukum tersendiri.

Para ulama memiliki pendapat yang berbeda terkait dengan hukum menjenguk orang yang sedang sakit. Tetaoi Allah SWT sudah terlebih dahulu mengatur hukum menjenguk orang sakit yaitu hukumnya fardhu kifayah. Hal ini berarti bila ada yang melakukan amalan tersebut maka gugurlah kewajiban untuk yang lain. Tetapi bila tidak ada seorangpun yang melakukan amalan tersebut dalam kondisi mengetahui ada orang yang sakit maka akan menjadi dosa bagi semuanya. Tetapi hal ini bisa menjadi fardhu ain bila yang sakit merupakan seorang kerabat atau keluarga dekat. Sebab dengan menjenguknya merupakan bagian silaturahmi dan silaturahmi hukumnya adalah wajib.

Selain hukum menjenguk orang sakit yang sudah dijelaskan di atas, terdapat hal yang tak kalah penting untuk anda berhatikan. Bahwa orang yang berhak dijenguk tersebut hanyalah orang-orang sakit yang terbaring di rumah serta tidak bisa melakukan aktivitas. Tetapi untuk orang yang sakitnya ringan dan masih bisa keluar rumah atau melakukan aktivitas maka orang tersebut tidak berhak untuk dijenguk. Namun tak ada salahnya bila anda sekedar ingin menanyakan keadannya apakah sudah membaik atau belum.

Demikianlah penjelasan mengenai hukum menjenguk orang yang sedang sakit menurup Islam yang perlu anda ketahui. Tentunya dalam menjenguk orang sakit tidak hanya sekedar mengucapkan syafakillah saja tetapi ada hukum yang perlu anda pahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *