BHABINKAMTIBNAS

Posted on

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (BHABINKAMTIBNAS) adalah anggota kepolisian Negara Republi Indonesia yang membina keamanan dan ketertiban masyarakat. Bhabinkamtibnas ditunjuk selaku pembina keamanan dan ketertiban masyarakat didesa/kelurahan binaannya. Bhabinkamtibnas selaku dasar acuan adalah Surat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor: B/3377/IX/2011/ BAHARKAM Tanggal 29 september 2011 tentang penggelaran bhabinkamtibmas di Desa/Kelurahahan.

www.kompolmas.tv

Berdsarkan hal tersebut yang menjadi permasalahan dalam penelitian sebagai berikut:

(1). Bagaimanakah peranan Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban didalam lingkungan masyarakat.
(2).  bagaimana model komunikasi Bhabinkamtibnas dalam menjalin kemitraan pada masyarakat.

Model komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah informatif, persuasif, koersif. Data yang digunakan data primer adalah data yang diperoleh melalui penelusuran lapangan dan wawancara dengan pihak bhabinkamtibmas dan masyarakat, masyrakat yang merasakan langsung dengan adanya Bhabinkamtibmas ditengah masyarakat dalam menanggulangi dan menyelesaikan kejahatan dimasyarakat. Data yang diperolah kemudian akan dianalasis menggunakan analisis kualitatif. Hasil yang telah dilakukan dalam mengetahui model komunikasi yang digunakan dalam menjalin kemitraan dengan masyarakat adalah:

(a). Membimbing masyarakat agar memiliki kesadaran hukum dan kamtibmas dalam lingkungan sosial dimasyarakat serta meningkatkan partisipasimsyarakat agar sadar akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban dengan pendekatan komunikasi yang baik.

(b).    Pelindung,pengayom,dan pelayan masyarakat bagi terwujudnya rasa aman dan tentram dimasyarakat.

Konsep Bhabinkamtbmas adalah sebuah metode kepolisian yang mengadopsi ebebrapa metode kepolisian yang dikembangkan di banyak negara diseluruh dunia dan juga merupakan salah satu model kepolisian terpenting di Asia. Bhabinkamtibmas mendorong terciptanya suatu kerjasama antara polri dengan masyarakat dalam menghadapi suatu permasalahan. Melalui bhabinkamtibmas, maka akan terciptanya suatu kemitraan antara polri dengan masyarakat dalam menangani setiap permasalahan sosial, yang pada akhirnya dapat mengurangi kejahatan, memberikan rasa aman dari kejahatan dan selanjutnya akan terciptanya keamanan dan ketertiban masyrakat. Konsepsi dari bhabinkamtibmas sendiri sebenarnya berangkat dari beberapa kesamaan anggapan, bahwa masyarakat dengan potensi, sumber daya alam dan kekuatan yang dimilikinya dapat ikut berkontribusi untuk membantu tugas-tugas kepolisian. Dalam mewujudkannya tentunya diperlukan jalinan hubungan harmonis antara polisi dan masyrakat yang bersifat kemitraan yang sederajat, intim,dan saling membutuhkan satu sama lain. Polisi memberikan kontribusi yang baik, serta terjalin kemitraan yang sederajat dalam situasi yang saling bersinergi dan saling melengkapi antara polisi dan masyarakat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *