Bisnis

Belajar Cara Menghitung Cash Flow

Salah satu hal yang penting anda perhatikan saat membangun sebuah bisnis agar sukses yaitu kemampuan untukmengatur arus kas atau sering disebut dengan cash flow. Banyak bisnis yang gagal atau sulit berkembang salah satunya karena kesulitan saat mengatur cash flow. Sehingga setiap perusahaan harus bisa memahami pengertian cash flow sekaligus cara menghitung cash flow tersebut sehingga dapat membantu perusahaan agar cepat berkembang.

Pahlevi dan Akutansi

Berdasarkan penjelasan dari blog pahlevi dan akuntansi diketahui bahwa cash flow merupakan pergerakan uang masuk ataupun keluar dari bisnis anda dalam hal pendapatan serta pengeluaran. Idealnya, sebuah perusahaan harus mempunyai cash flow positif yang artinya pemasukan uang dalam bisnsi tersebut jumlahnya lebih besar dibandingkan uang yang keluar. Dengan mempunyai arus positif maka sebuah perusahaan bisa menyelesaikan berbagai kewajiban sehingga bisa berinvestasi demi perkembangan perusahaan.

Sedangkan saat cash flow tersebut negatif maka perusahaan harus dapat mencari sumber pendapatan lainnya supaya bisa menyelesaikan kewajiban seperti untuk membayar hutang. Jenis cash flow terbagi menjadi dua yaitu cash flow masuk dan cash flow keluar. Dimana masing-masing jenis cash flow tersebut akan terbagi lagi menjadi dua yang bersifat rutin dan tidak rutin.

Selanjutnya yang tak kalah penting ketika anda belajar mengenai cash flow yaitu cara menghitungnya. Secara lebih sederhana, perhitungan cash flow dilakukan dengan menjumlahkan semua pembayaran tunai pada periode tertentu lalu mengambilnya dari penerimaan kas. Tapi jangan hanya terpaku pada bulan tertentu saja. Untuk penerimaan kas ini bisa dinilaii secara akurat dalam periode 3 bulan ataupun lebih sebab sebagian bisnis akan mempunyai puncak dan palung.

Meskipun penjualan produk perusahaan mengalami peningkatan yang signifikan tetapi anda harus memperhatikan perhitungan cash flow ini dengan baik. Sebab kegagalan yang dialami oleh perusahaan untuk memantau serta mengelola cash flow merupakan risiko dari bisnis tersebut yang akan meningkat serta bisa menimbulkan beberapa permasalahan lainnya dalam perusahaan tersebut.

Itulah tadi penjelasan mengenai cash flow dan cara menghitungnya yang bisa menambah wawasan anda. Dengan memahami cash flow dengan baik maka akan mempermudah perusahaan anda menuju kesuksesan. Bila anda menginginkan informasi lebih jelas seputar akuntansi maupun cash flow maka silakan kunjungi link pahlevi dan akuntansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *