Bisnis

Apa Itu Perusahaan Outsoursing Dan Sistem Kerjanya

Selain sistem kerja full time, kontrak dan freelance, ada juga sistem kerja outsourcing yang merupakan sistem kerja perekrutan dari pihak ke tiga. Perusahaan outsourcing bisa menjadi jalan keluar untuk perusahaan yang membutuhkan sumber daya manusia untuk menyelesaikan pekerjaan teknis, namun ada sedikit perbedaan dari sistem perekrutan tenaga kerja dengan sistem ini.

outsourcingsatpam.com

Outsourcing ini bisa diartikan sebagai pemakaian tenaga kerja dari perusahaan ketiga, dimana mereka ditugaskan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Saat proses perekrutan pekerja outsourcing, perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja bisa menjalin kerja sama dengan pihak outsourcing tersebut.

Dalam hal ini perusahaan outsourcing merupakan perusahaan yang menyiapkan jasa serta menyalurkan tenaga kerjanya, yang memiliki keahlian tertentu untuk menyelesaikan tugas-tugas dari perusahaan yang merekrutnya. Untuk anda yang ingin tahu dari sistem kerja perusahaan yang berbasis outsorscing ini, berikut penjabarannya.

Pada pasal 64 mengatakan bahwa “Perusahaan bisa menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaannya kepada perusahaan lain dengan adanya perjanjian pemborong pekerjaan maupun penyediaan jasa yang dibuat secara tertulis.”

Untuk kejelasan dari outsourcing ini, dimana pekerjaan ini dilakukan dengan terpisah dari kegiatan utamanya. Maksutnya, pihak perusahaan akan bekerja sama dengan penyedia jasa yang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut. Pada kerja sama tersebut disepakati berapa lama masa kontraknya, serta berapa jumlah anggota yang dikerjakan di perusahaan yang meminta. Disini perusahaan tidak perlu lagi memikirkan mengenai gaji, tunjangan maupun ijin ketika anggota yang bertugas sakit atau berhalangan hadir. Semua itu sudah dipikirkan oleh pihak outsourcing, sehingga perusahaan bisa fokus pada tugasnya.

Namun disini perusahaan yang menggunakan jasanya bisa memberikan perintah pada pekerja tersebut, sehingga tidak perlu melalui penyedia jasa untuk memberikan perintah. Ini bisa dibilang sebagai kegiatan penunjang perusahaan, agar seluruh tujuan dari perusahaan bisa terselesaikan dengan tepat dan efisien.

Dalam hal ini satpam merupakan aspek yang paling sering dicari, pasalnya satpam sangat penting keberadaannya. Tentu perusahaan perlu mengeluarkan uang yang besar untuk mendapatkan satpam yang berkompeten, namun bila memakai outsourcing maka perusahaan bisa menghemat pengeluaran dan mendapatkan tenaga kerja yang potensial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *