Pengetahuan

Kenali Respository Sebelum Menggunakannya

Saat ini setiap kampus tengah gencar mengembangkan sistem perpustakaanya, dimana perpustakaan saat ini tengah menerapkan respository sebagai preservasi digital pada perguruan tinggi. Selain itu para pengembang juga berharap dengan adanya sistem ini, perpustakaan pada perguruan tinggi bisa berfungsi lebih baik dan maksimal.

repository.unj.ac.id

“Secara sederhana respositori ini adalah tempat untuk menyimpan, dan secara sederhana tempat penyimpanan ini merupakan perpustakaan online,” hal ini menurut Hasugian (2012:1). Bagi para pustakawan, respositori ini merupakan tempat untuk menyimpan dokumen, informasi maupun data yang nantinya dipelihara dan digunakan.

Banyak sekali para ahli yang mengartikan hal ini agar mudah dipahami, seperti Pendit dan Clifford yang juga memberikan penjelasan secara detail.

1. Pendit (2008:137)

Respositori ini merupakan istilah yang merujuk pada kegiatan penghimpunan serta pelestarian koleksi digital, dimana koleksi ini merupakan hasil karya intelektual dari sebuah komunitas.

2. Clifford (2003:2)

Sedangkan menurut Clifford, respositori ini merupakan perubahan manajemen teknologi dalam memindah satu konten ke versi digital. Disinilah respositori itu akan menyimpan seluruh data digital yang ada, sehingga bisa digunakan oleh pengguna lain yang membutuhkannya.

Dari penjelasan para ahli di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa respositori merupakan layanan atau cara untuk melestarikan konten perpustakaan kedalam bentuk digital. Tentunya untuk menerapkan sistem ini perguruan tinggi haruslah melengkapi banyak kebutuhan alatdan tenaga ahli, sehingga data dan konten yang dimasukkan kedalam sistem digital bisa berjalan dengan maksimal dan valid.

Adapun dokumen yang dikelola pada respositori bisa berupa literatur khas, buku-buku yang sulit untuk didapatkan di pasaran, ataupun dokumen yang hanya dihasilkan oleh sebuah institusi maupun lembaga pemerintah. Tentunya setiap kampus yang menggunakan sistem respositori ini akan memiliki kebijakan sendiri-sendiri, ada yang memberikan akses terbatas dan ada pula yang memberikan akses bebas pada pengunjungnya.

Demikian artikel mengenai respository yang ada di Indonesia, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda untuk mengetahui secara pasti apa itu respositori dan fungsinya. Sehingga anda bisa menggunakan sistem ini dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *